iklan
iklan
News

Demi Keterbukaan Informasi, Bawaslu Banyumas Ingatkan PPS Untuk Umumkan Salinan C

Nanang Noor
×

Demi Keterbukaan Informasi, Bawaslu Banyumas Ingatkan PPS Untuk Umumkan Salinan C

Sebarkan artikel ini

PortalNetwwork – dihentikan sementara hingga laporan ada PPS yang belum menempel di tempat umum. mengirimkan surat ‘saran perbaikan' atau sarper kepada , Senin (19/2/2024).

Komisioner , Rani Zuhriyah mengatakan, proses rekapitulasi hasil berjalan penuh dinamika. Salah satu kewajiban mengumumkkan hasil bagi PPS sudah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Detilnya ada di pasal 391 dan 508.

“Bunyinya jelas. PPS Wajib Mengumumkan Salinan Sertifikat Hasil Perhitungan Suara dari seluruh TPS di Wilayah kerjanya. Dengan cara menempelkan salinan tersebut di tempat umum,” kata Rani yang juga Koordinator Putungsura .

Fakta bahwa ada PPS yang belum mengumumkan Hasil, kata Rani, salah satunya merujuk pada laporan Partai Gelora . Disebutkan bahwa ada PPS di daerah Selatan yang belum menempel hasil. Selain itu, kata Rani masih ada ancaman pidana jika PPS melanggar.

Baca Juga:  Pemeriksaan Identitas Penumpang Stasiun Purwokerto Mulai 1 Mei 2024,Dilayani di Pintu Boarding Area Skybridge Gedung Baru dan Pintu Barat  

“Setiap anggota PPS yang tidak mengumumkan Salinan sertifikat hasil bisa dikenai pidana paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp. 12.000.000,-. Itulah dasar kita minta tegaskan PPS supaya pasang di tempat umum,” tambah Rani.

Seperti diketahui bahwa rekapitulasi hasil tingkat kecamatan dihentikan sementara. Salah satu informasinya karena sedang perbaikan sistem. Rekapitulasi akan kembali dilakukan, Selasa (20/2/2024).

iklan

konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Copyright © 2023 PortalNetwork.id™