iklan
iklan
News

Khotbah Idul Fitri Rektor UMP, Serukan Gerakan Green Idul Fitri Ramah Lingkungan

Nanang Noor
×

Khotbah Idul Fitri Rektor UMP, Serukan Gerakan Green Idul Fitri Ramah Lingkungan

Sebarkan artikel ini

PortalNetwotk, – Dalam momentum merayakan Idul Fitri, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, Rektor (UMP), mengajak jamaah Salat Idul Fitri di Masjid 17 untuk merenungkan peran penting menjaga lingkungan dalam khotbah bertajuk “Green Idul Fitri: Manifestasi Rahmatan Lil Alamin di Hari Kemenangan” Rabu (10/05/24)

Dalam khotbahnya, Rektor UMP menyampaikan rasa syukur atas berkah Ramadan yang telah berlalu dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Ia juga menegaskan bahwa Idul Fitri bukan hanya tentang perayaan keagamaan semata, tetapi juga momen penting untuk merayakan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi kaum muslimin yang telah menjalani ibadah bulan Ramadan dengan penuh keimanan. Namun, kebahagiaan ini haruslah disertai dengan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” ujar Assoc. Prof. Dr. Jebul.

Baca Juga:  KAI Daop 5 Purwokerto Berangkatkan 393.829 Pelanggan Selama Periode Angkutan Lebaran Tahun 2024

Dalam khotbahnya, Rektor UMP menyoroti betapa Islam menekankan pentingnya kelestarian lingkungan, mengutip Al-Qur'an dan hadis-hadis yang menegaskan perlunya menjaga alam. Rektor juga mengajak jamaah untuk mengambil contoh dari Rasulullah dalam menjaga lingkungan sekitar, termasuk dalam menanam pohon sebagai bagian dari amalan yang terus memberikan manfaat atau sodaqoh jariyah.

Lebih lanjut, Rektor juga mengingatkan agar perayaan Idul Fitri tidak menyebabkan masalah lingkungan, seperti pemborosan makanan dan penggunaan plastik yang berlebihan. Sebagai langkah nyata, Rektor UMP mengajak untuk melakukan gerakan “Green Idul Fitri” dengan menjaga kebersihan, mengurangi penggunaan plastik, dan mengelola sampah dengan baik.

iklan

konten berikut berasal dari advertiser. Redaksi Portal Pantura tidak terkait dengan pembuatanya

Copyright © 2023 PortalNetwork.id™